Ticker

6/recent/ticker-posts

KISAH PENGUSAHA SUKSES DIMULAI DARI HOBI

Mau sukses tapi bingung dimulai dari mana?

Mau kaya tapi gak mau bekerja keras? Mimpi aja kali ya.. hehee,,

Tulisan ku kali ini akan membahas tentang beberapa tokoh yang sukses di Indonesia dengan memaksimalkan kemampuan dan hobi yang dimilikinya. Hobi adalah salah satu hal yang bisa membuat kita nyaman melakukan sesuatu, dan jika kita memaksimalkan potensi dari hobi kita, bisa jadi kita bisa membuat suatu usaha dan menjadi seorang pengusaha sukses selanjutnya dengan hobi kita tersebut.


ACHMAD ZAKY BUKALAPAK

sumber lifepal.co.id

Walaupun kini Bukalapak menjadi situs marketplace terfavorit di Indonesia, namun tak banyak yang tau kalau pendiri Bukalapak dulunya adalah seorang anak desa. Yup, Achmad Zaky yang identik selalu bergaya santai tersebut hanyalah seorang pria asal Sragen yang tak memiliki keistimewaan apapun. Ia hanyalah seorang anak yang hidup sederhana bersama orang tuanya. Bahkan saat dirinya masih kecil, ia dan keluarganya hidup di daerah yang tidak mendapat pasokan listrik dari PLN.

Ketertarikannya di dunia Informatika dan keinginannya untuk menjadi seorang pengusaha, mendorongnya untuk selalu berkreasi. Ide bisnis untuk mendirikan Bukalapak tercetus setelah dirinya lulus kuliah. Berawal dari tim yang terdiri dari 3 orang, kini Bukalapak menjadi salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia.


NADIEM MAKARIM GOJEK

sumber liputan6.com

Go-Jek adalah salah satu transportasi alternatif yang banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Berawal dari iba terhadap tukang gojek yang sulit mendapat penumpang, Nadiem memiliki ide untuk membuat ojek online. Teknologi ojek online ini tak hanya memberikan kemudahan untuk para tukang ojek, tapi juga kepada para penumpang yang ingin menggunakan jasa ojek.

Bermula dari 20 pengemudi (driver), kini GO-Jek menjadi sebuah perusahaan yang menciptakan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang di Indonesia. Nadiem juga berharap bahwa keberadaan Go-Jek dapat menginspirasi Indonesia dan daerah besar lainnya bahwa teknologi dapat memperbaiki kehidupan banyak orang.


FERRY UNARDI TRAVELOKA

sumber lifestyle.liputan6.com

Berawal dari dirinya sendiri yang dulu kesulitan dengan pemesanan tiket antara Amerika – Indonesia, maka Ferry Unardi tertarik untuk membuat dan merintis perusahaan rintisan (startup) di bidang mesin pencari tiket. Dari solusi untuk mememcahkan masalahnya sendiri, Ferry mengembangkan sebuah mesin pencari tiket pesawat dengan teknologi yang lebih modern, fleksible dan praktis.

Berawal dari tim yang awalnya berjumlah 8 orang menjadi belasan dan kini menjadi puluhan bahkan ratusan orang. Traveloka juga sudah mendapatkan beberapa pedanaan dari perusahaan modal ventura (ventura capital). Pendanaan pertama berasal dari East Ventures pada tahun 2012 dan Global Founders Capital pada tahun 2013.


Belajar dari beberapa kisah pengusaha sukses diatas, bahwa hanya dari sebuah kegiatan yang biasa kita lakukan seperti hobi dan kegiatan yg kita senangi, akan muncul suatu ide dan solusi agar memulai suatu bisnis/ usaha.

Tak perlu di pikir banyak-banyak, pikir saja apa hobi/ kegiatan yang biasa kita lakukan, misal memasak. Cari ide masakan yang beda dari yang lain. Maka itu akan jadi nilai tambah untuk suatu usaha yang akan kita kelola. Tetap berusaha, dan buka lebar mata kita untuk ide – ide selanjutnya.

Semangattt!!!

Posting Komentar

0 Komentar